Bab: Pakaian yang
dikenakan oleh orang yang ihram
No. Hadist: 1444
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَبِي بَكْرٍ الْمُقَدَّمِيُّ حَدَّثَنَا
فُضَيْلُ بْنُ سُلَيْمَانَ قَالَ حَدَّثَنِي مُوسَى بْنُ عُقْبَةَ قَالَ
أَخْبَرَنِي كُرَيْبٌ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا
قَالَ انْطَلَقَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ الْمَدِينَةِ
بَعْدَ مَا تَرَجَّلَ وَادَّهَنَ وَلَبِسَ إِزَارَهُ وَرِدَاءَهُ هُوَ
وَأَصْحَابُهُ فَلَمْ يَنْهَ عَنْ شَيْءٍ مِنْ الْأَرْدِيَةِ وَالْأُزُرِ تُلْبَسُ
إِلَّا الْمُزَعْفَرَةَ الَّتِي تَرْدَعُ عَلَى الْجِلْدِ فَأَصْبَحَ بِذِي
الْحُلَيْفَةِ رَكِبَ رَاحِلَتَهُ حَتَّى اسْتَوَى عَلَى الْبَيْدَاءِ أَهَلَّ هُوَ
وَأَصْحَابُهُ وَقَلَّدَ بَدَنَتَهُ وَذَلِكَ لِخَمْسٍ بَقِينَ مِنْ ذِي
الْقَعْدَةِ فَقَدِمَ مَكَّةَ لِأَرْبَعِ لَيَالٍ خَلَوْنَ مِنْ ذِي الْحَجَّةِ
فَطَافَ بِالْبَيْتِ وَسَعَى بَيْنَ الصَّفَا وَالْمَرْوَةِ وَلَمْ يَحِلَّ مِنْ
أَجْلِ بُدْنِهِ لِأَنَّهُ قَلَّدَهَا ثُمَّ نَزَلَ بِأَعْلَى مَكَّةَ عِنْدَ
الْحَجُونِ وَهُوَ مُهِلٌّ بِالْحَجِّ وَلَمْ يَقْرَبْ الْكَعْبَةَ بَعْدَ
طَوَافِهِ بِهَا حَتَّى رَجَعَ مِنْ عَرَفَةَ وَأَمَرَ أَصْحَابَهُ أَنْ
يَطَّوَّفُوا بِالْبَيْتِ وَبَيْنَ الصَّفَا وَالْمَرْوَةِ ثُمَّ يُقَصِّرُوا مِنْ
رُءُوسِهِمْ ثُمَّ يَحِلُّوا وَذَلِكَ لِمَنْ لَمْ يَكُنْ مَعَهُ بَدَنَةٌ
قَلَّدَهَا وَمَنْ كَانَتْ مَعَهُ امْرَأَتُهُ فَهِيَ لَهُ حَلَالٌ وَالطِّيبُ
وَالثِّيَابُ
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Abu Bakar Al
Muqaddamiy telah menceritakan kepada kami Fudhail bin Sulaiman berkata, telah menceritakan kepada saya Musa bin 'Uqbah berkata, telah mengabarkan kepada saya Kuraib dari 'Abdullah bin 'Abbas RAa berkata: "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berangkat dari Madinah setelah Beliau
menyisir rambutnya dan memolesnya dengan minyak zaitun. Dan Beliau mengenakan
baju dan rida'nya, begitu juga para sahabat Beliau. Beliau tidak melarang apapun
mengenai rida' (selendang panjang) dan baju untuk dipakai kecuali minyak wangi
(za'faran) yang masih tersisa pada kulit badan. Ketika paginya berada di Dzul
Hulaifah, Beliau berangkat dengan mengendarai tunggangannya hingga sampai di
padang sahara saat siang hari. Maka disitulah Beliau memulai ihram dengan
bertalbiyyah begitu juga para sahabatnya. Lalu Beliau menandai hewan qurbannya.
Ini terjadi pada lima hari terakhir dari bulan Dzul Qa'dah. Lalu Beliau sampai
di Makkah pada malam keempat dari bulan Dzul Hijjah lalu Beliau melaksanakan
thowaf di Baitulloh, lalu sa'i antara bukit Shafaa dan Marwah dan Beliau belum
lagi bertahallul karena Beliau membawa hewan qurban yang telah ditandainya.
Kemudian Beliau singgah di tempat yang tinggi di kota Makkah di Al Hajjun, yang
dari tempat itu Beliau berniat memulai hajji. Beliau tidak mendekati Ka'bah
setelah melaksanakan thowafnya disana hingga Beliau kembali dari 'Arafah lalu
Beliau memerintahkan para sahabatnya agar melaksanakan thowaf di Baitulloh dan
sa'iy antara bukit Shafaa dan Marwah kemudian memerintahkan pula agar mereka
memotong rambut mereka lalu bertahallul. Ketentuan ini berlaku bagi mereka yang
tidak membawa hewan sembelihan (qurban). Maka barangsiapa yang ada isterinya
bersamanya, isterinya itu halal baginya begitu juga memakai wewangian dan
pakaian (baju).
loading...
xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa