Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Benar dan Tepat (diketik atau tulisan tangan)

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Benar dan Tepat (diketik atau tulisan tangan) - Bagi kamu yang baru lulus sekolah Menengah Keatas (SMK) atau baru lulus kuliah di Kejuruan tentu ingin langsung mendapatkan Pekerjaan. Biasanya di SMK atau di Kampus Kejuruan ada Rekomendasi dari Pihak Sekolah dan kampus untuk merekomendasikan Siswa didiknya untuk di Pekerjakan Di Perusahaan Ternama. Namun bukan berarti Sekolah atau Kuliah di Kampus Tersebut kamu dipastikan langsung mendapatkan pekerjaan, Tentu tidak. Pihak kampus hanya Merekomendasikan saja yang menentukan mereka mau Merekrut siswa dari sekolah tersebut tergantung dari Sklil siswa tersebut.

Kembali Ke topik Pembahasan, Jika kamu yang tamatan SMA atau Kuliah yang tidak dibidang Kejuruan tentu Agak sulit mencari Pekerjaan dan bingung mau Menulis surat lamaran karena mungkin tidak tahu apa yang harus di tulis di CV, Tapi menurut saya tulis saja Apa yang kamu bisa secara Jujur. Karena Pihak Perusahaan akan Lebih suka menerima Kariyawan yang Jujur meski mungkin Calon kariyawan tersebut belum memiliki Skill.
Berikut Tips yang Patut anda Coba dan Perhatikan dalam Menulis Surat Lamaran Kerja yang Benar
Dalam Menulis Surat lamaran Kerja, Kita tidak boleh menulis Asal-asalan baik itu diketik atau dengan tulisan tangan, Banyak Hal yang harus diperhatikan:

1. Menulis sesuai dengan Kosa kata yang benar tanpa di singkat-singkat
2. Biasakan kosa kata yang kita gunakan sesuai dengan Kamus B. indonesia atau KBBI
3. Menulis Dengan kata-kata yang Sopan dan menarik.
4. Apa perbedaan Menulis diketik dengan tulis tangan? (disini tergantung Permintaan perusahaan tersebut, Jadi Sebelum menulis Surat lamaran kerja sebaiknya tanya apa saja persyaratan dan ketentuan dalam melamar kerja diperusahaan tersebut.)
Hal-Hal yang Wajib ada Dalam Surat Lamaran Kerja
1. Prihal / Hal
2. Yang dituju : Perusahahan atau Pimpinan Perusahaan
3. Alamat Tempat yang Dituju
4. Pembuka, Isi/biodata, Skill/riwayat dan Penutup
5. Nama Pemohon, Tanda tangan dan Tgl pembuatan Surat lamaran Kerja

Setelah kamu memperhatikan Hal hal yang wajib ada dalam Surat Lamaran Kerja, Saatnya kamu menulis Surat Lamaran Kerja yang Benar dan Tepat, Terserah apakah itu diketik atau menggunakan tulisan tangan. Berikut Contohnya :


Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar Dan Tepat


Hal : Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.,
Bpk/Ibu Personalia  
PT. Lentera Jaya Bagus
Jl. Lakon Cahaya Utama No. 30
Balikpapan

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Lentera Jaya Bagus yang saya dapatkan dari harian Radar Balikpapan pada tanggal 10 September 2015. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Marketing dengan kode (MG) di perusahaan PT. Lentera Jaya Bagus.

Berikut ini adalah biodata singkat saya
Nama                         : Supardi Ayaka Misazaki
Tempat / tgl. lahir      : Tokyo, 14 Juni 1994
Pendidikan Terakhir  : S1 Manajemen Informatika
Alamat                       : Jl. Nakazawo Cifor No. 16, Balikpapan
Telepon (HP)             : 085678566787653

Dan pada saat ini saya dalam keadaan yang sehat, baik jasmani maupun rohani. Selain itu kemampuan berbahasa Inggris saya sangat fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dalam bekerja, dan latar belakang pendidikan saya cukup memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan beberapa software komputer dengan baik, seperti Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa data, antara lain :
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Foto Copy Ijazah S1
  • Foto Copy Transkrip Nilai
  • Foto copy Sertifikat Kursus dan Pelatihan
  • Foto 3x4 yang terbaru
Kesempatan wawancara dari Bapak/Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih detail lagi mengenai potensi dan kemampuan saya yang bisa berguna untuk perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini.

Demikian surat lamaran kerja ini saya informasikan, terima kasih atas kerjasama dan perhatian Bapak/Ibu Personalia.


Hormat Saya,

Supardi Ayaka Misazaki



Untuk Contoh Surat Lamaran Kerja yang lain bisa dilihat disini.
Setelah selesai Menulis Surat tentu kamu harus mengetahui apa saja kelengkapan yang bisa membuat Peluang kamu diterima Kerja di Perusahaan besar dan ternama. Berikut Perlengkapan yang harus ada dan yang harus kamu siapkan.

Pelengkap Dalam membuat Surat Lamaran Kerja
1. Amplop Hijau bertali / Disertai Nama, tgl pembuatan dan Alamat Pemohon
2. Surat Lamaran Kerja
3. Biodata
4. Pas Photo
5. Photo Copy KTP
6. Photo Copy Ijazah Terakhir
7. Photo Copy Sertifikat Skill / Copetensi
8. Surat Rekomendasi / Permohonan mencari Pekerjaan dari Dinas KetenagaKerjaan
9. Surat Berkeprilakuan Baik / tidak pernah melakukan tindak pidana dari Kepolisian.
10. Surat Keterangan Sehat dari Dokter

Setelah kamu menyiapkan Semuanya, Saatnya kamu antar surat lamaran Kerja tersebut ke Perusahaan tersebut. Oh ia biasanya ketika kamu mengantar surat lamaran kerja di Perusahaan terkadang Satpamnya bilang lagi ga ada lowongan (Meskipun sebenarnya Lowongan kerja itu lagi dibuka namun disembunyikan atau ditutup tutupi oleh satpam perusahaan tersebut agar bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk menjadi Calo bagi para Pelamar Kerja, tapi dalam pengalaman beberapa teman yang sudah kerja, kamu bisa melobi Satpam tersebut atau kamu katakan saja jika ada lowongan kerja yang di buka Diperusahaan ini tolong kasihkan Surat lamaran Kerja saya ini ke Pimpinan Bapak ya..(Biasanya Satpam itu menumpukkan Surat lamaran Kerja tersebut di atas Meja Resepsionis atau Dibagian Penerimaan tamu, Berharap aja untung-untung surat yang kamu antar itu dibaca oleh Pimpinan Perusahaan dan ia menyukai Isi Surat lamaran Kerja kamu dan Kamu dipanggil untuk Interview Kerja :)

Dan Terakhir Ikhtiar dan Berdoa semoga Surat Lamaran Kerja (CV) Kamu diterima. AMIN

loading...
xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

Related Post:

Back To Top